NAMA :
Rizky Forino Leonardy
KELAS:
4IA08
NPM :
56412607
ASPEK
PEMASARAN
Aspek
pemasaran merupakan faktor strtegis atau kunci dari keberhasilan
perusahaan, jika permintaan terhadap produk/ jasa yang dibuat kurang
memadai seluruh kegiatan aspek-aspek yang lain tidak akan terwujud.
Jika
propek permintaan terhadap permintaan produk lebih kecil dari
penawarannya maka sitem produksi produk tersebut tidak layak
dilaksanakan. Jika market space masih tersedia maka perlu diselidiki
apakah pasar masih mampu menampung produk baru yang direncanakan.
Untuk
mengetahui potensi permintaan dan penawaran terhadap suatu barang
atau jasa, perlu dilakukan penelitian yang mendalam tentang
perkembangan permintaan dan jumlah pemasoknya. Perkembangan
permintaan dapat diduga melalui perubahan pendapatan, selera dan
tingkah laku konsumen dalam membeli barang dan jasa tersebut.
- SPESIFIKASI PRODUK
Dalam
pemasaran, produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar
dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Kepuasan konsumen tidak hanya
mengacu pada bentuk fisik produk, melainkan satu paket kepuasan yang
didapat dari pembelian produk Kepuasan tersebut merupakan akumulasi
kepuasan fisik, psikis, simbolis, dan pelayanan yang diberikan oleh
produsen.
Produk
identik dengan barang. Dalam akuntansi, barang adalah obyek fisik
yang tersedia di pasar. Sedangkan produk yang tidak berwujud disebut
jasa. Dalam manajemen produk, identifikasi dari produk adalah barang
dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Kata produk digunakan untuk
tujuan mempermudah pengujian pasar dan daya serap pasar, yang akan
sangat berguna bagi tenaga pemasaran, manajer, dan bagian
pengendalian kualitas.
Produk
yang ingin saya Pasarkan adalah Clothing atau Pakaian.
- SEGMENTASI PRODUK
Membagi
sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang khas berdasarkan
kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang mungkin membutuhkan
produk atau bauran pemasaran yang terpisah.
- ANALISIS SITUASI PASAR
Pasar
produk merupakan produk khusus yang dapat memuaskan sejumlah
kebutuhan dan keinginan manusia yang mau dan mampu membelinya.
Situasi pasar yang barang yang akan saya pasarkan sangatlah Umum
sekali dan sangat dibutuhkan semua orang bahkan bisa dibilang adalah
bahan pokok.
- ANALISI PESAING
menurut
saya Clothing merupakan pasar yang sangat sulit bersaing sebab pasar
clothing di Indonesia sangatlah banyak bahkan sekitar ribuan clothing
akan tetapi sudah banyak clothing Indonesia yang diakui dan diperjual
belikan di Dunia dangan begitu jangan terlalu takut bersaing di pasar
clothing hanya saja anda harus mempercayakan konsumen anda bahwa
barang anda ada sesuatu yang lebih dari clothing yang lain dan harga
bisa bersaing.
- STRATEGI PROMOSI
Strategi
promo saya tidaklah asing lagi bagi dunia clothing,contohnya
mengendors artis-artis dalam negeri ataupun bisa di acara acara
tahunan yang sangat membeludak dan memilih stand yang sering dilewati
oleh konsumen seperti contohnya adalah Jakarta Clothing Expo biasa di
bilang Jakcloth dan yang lainnya .
- MEDIA PROMOSI BERBASIS TI
dalam
point ini tidak jauh beda dengan strategi promosi saya,dan yang
mungkin bisa saya tambahkan adalah produk saya akan saya buatkan web
agar konsumen bisa memilih atau memesan online dan tentunya web yang
didesain lebih baik dan lebih baik dari web clothing lainnya
Ijin copas ya untuk bahan saya..
BalasHapusJangan lupa kunjungi juga blog saya
http://blogilmupemasaran.blogspot.com