BAB I
PENDAHULUAN
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
PEMBAHASAN
Pemodelan
Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
Grafik
Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.
Sedangkan teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
GUI menjadi salah satu faktor kemudahan dalam penggunaan komputer, piranti bergerak seperti pemutar MP3, pemutar media portabel atau piranti permainan, peralatan rumah tangga, dan peralatan kantor. GUI menggambarkan informasi dan perintah yang tersedia untuk pengguna menggunakan ikon grafis.
Awalnya GUI diciptakan untuk memudah programmer dalam membuat program yang berbasis command-line interface. Karena command-line interface tidak ramah di mata dan sulit dihapal.
Semenjak saat itu GUI banyak digunakan terutama untuk pemodelan tiga dimensi. Pemrograman yang menggunakan GUI inilah yang menjadi dasar bagi perkembangan teknologi terutama dibidang desain grafis.
BAB III
KESIMPULAN
Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra.
GUI adalah jenis antarmuka pengguna yang menggunakan metoda interaksi pada piranti elektronik secara grafis (bukan perintah teks) antara pengguna dan komputer.
GUI adalah salah satu contoh perkembangan grafis yang tercipta karena perkembangan teknologi dan berpengaruh pada perkembangan teknologi itu sendiri.
BAB IV
Daftar Pustaka
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
- Rumusan Masalah
- Apa pengaruh teknologi terhadap perkembangan grafis dan pemodelan?
- Apa pengaruh grafis terhadap perubahan teknologi?
- Tujuan
- Mahasiswa dapat memahami konsep dasar perkembangan grafis dan pemodelan.
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar perubahan teknologi.
PEMBAHASAN
- KONSEP DAN DEFINISI PEMODELAN GRAFIK DAN TEKNOLOGI
Pemodelan
Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
Grafik
Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.
Sedangkan teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
- ANTARMUKA PENGGUNA GRAFIS
GUI menjadi salah satu faktor kemudahan dalam penggunaan komputer, piranti bergerak seperti pemutar MP3, pemutar media portabel atau piranti permainan, peralatan rumah tangga, dan peralatan kantor. GUI menggambarkan informasi dan perintah yang tersedia untuk pengguna menggunakan ikon grafis.
Awalnya GUI diciptakan untuk memudah programmer dalam membuat program yang berbasis command-line interface. Karena command-line interface tidak ramah di mata dan sulit dihapal.
Semenjak saat itu GUI banyak digunakan terutama untuk pemodelan tiga dimensi. Pemrograman yang menggunakan GUI inilah yang menjadi dasar bagi perkembangan teknologi terutama dibidang desain grafis.
- PENGGUNAAN GUI DALAM PROMOSI
BAB III
KESIMPULAN
Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra.
GUI adalah jenis antarmuka pengguna yang menggunakan metoda interaksi pada piranti elektronik secara grafis (bukan perintah teks) antara pengguna dan komputer.
GUI adalah salah satu contoh perkembangan grafis yang tercipta karena perkembangan teknologi dan berpengaruh pada perkembangan teknologi itu sendiri.
BAB IV
Daftar Pustaka
- http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafishttp://emy_h.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.0
- https://aswendy.wordpress.com/2014/09/29/desain-pemodelan-grafik/http://ka2forefer.blogspot.com/2013/04/manajemen-proses-pada-sistem-operasi.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi
- http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna_grafis
- http://en.wikipedia.org/wiki/Graphical_user_interface
Tidak ada komentar:
Posting Komentar