Jumat, 09 Januari 2015

    Makalah Desain Pemodelan Grafis

    BAB I
    PENDAHULUAN
    • Latar Belakang
    Desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.
    Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
    Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
    • Rumusan Masalah
    Ada pun rumusan masalah pada makalah ini sebagai berikut :
    1. Apa pengaruh teknologi terhadap perkembangan grafis dan pemodelan?
    2. Apa pengaruh grafis terhadap perubahan teknologi?
    • Tujuan
    Tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
    1. Mahasiswa dapat memahami konsep dasar perkembangan grafis dan pemodelan.
    2. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar perubahan teknologi.
    BAB II
    PEMBAHASAN
    • KONSEP DAN DEFINISI PEMODELAN GRAFIK DAN TEKNOLOGI
    Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra. Pemodelan grafik terdiri dari 2 suku kata yakni Pemodelan dan Grafik dan jika diuraikan masing – masing dari setiap arti suku kata tersebut memiliki pengertian sebagai berikut :
    Pemodelan
    Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
    Grafik
    Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.
    Sedangkan teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
    • ANTARMUKA PENGGUNA GRAFIS
    Dalam teknologi komputasi, antarmuka pengguna grafis atau APG (Inggris: Graphical User Interface atau GUI) adalah jenis antarmuka pengguna yang menggunakan metoda interaksi pada piranti elektronik secara grafis (bukan perintah teks) antara pengguna dan komputer.
    GUI menjadi salah satu faktor kemudahan dalam penggunaan komputer, piranti bergerak seperti pemutar MP3, pemutar media portabel atau piranti permainan, peralatan rumah tangga, dan peralatan kantor. GUI menggambarkan informasi dan perintah yang tersedia untuk pengguna menggunakan ikon grafis.
    Awalnya GUI diciptakan untuk memudah programmer dalam membuat program yang berbasis command-line interface. Karena command-line interface tidak ramah di mata dan sulit dihapal.
    Semenjak saat itu GUI banyak digunakan terutama untuk pemodelan tiga dimensi. Pemrograman yang menggunakan GUI inilah yang menjadi dasar bagi perkembangan teknologi terutama dibidang desain grafis.
    • PENGGUNAAN GUI DALAM PROMOSI
    Biasanya pada sebuah web akan ada sebuah gambar menarik yang jika diklik akan langsung pindah ke web lain. Dengan menggunkan GUI lah web tersebut akan mengarahkan kita pada sebuah halaman tertentu.
    BAB III
    KESIMPULAN

    Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra.
    GUI adalah jenis antarmuka pengguna yang menggunakan metoda interaksi pada piranti elektronik secara grafis (bukan perintah teks) antara pengguna dan komputer.
    GUI adalah salah satu contoh perkembangan grafis yang tercipta karena perkembangan teknologi dan berpengaruh pada perkembangan teknologi itu sendiri.
    BAB IV
    Daftar Pustaka
    1. http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafishttp://emy_h.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.0
    2. https://aswendy.wordpress.com/2014/09/29/desain-pemodelan-grafik/http://ka2forefer.blogspot.com/2013/04/manajemen-proses-pada-sistem-operasi.html
    3. http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi
    4. http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna_grafis
    5. http://en.wikipedia.org/wiki/Graphical_user_interface

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar